Home > Otomotive > Belajar Mengemudi

Belajar Mengemudi

Kira2 sudah seminggu ini istri belajar (lagi) mengemudi mobil setelah beberapa tahun yang lalu pernah kursus. Tidak tanggung2, kursus mengemudi intensif ;). Bayangkan, dimulai setelah sholat shubuh, kira2 setengah jam keliling2 komplek tempat kami tinggal, hingga sorenya setelah pulang kerja mengikuti kursus mengemudi dengan seorang instruktur.

Niat saya adalah istri bisa mengemudi sendiri. Tidak masalah mobil nabrak2 dikit sehingga timbul baret2 kecil, tapi hasil dan target akhirnya tercapai.

O ya, berikut adalah tips2 belajar mengemudi yang disarikan dari http://anitanet.staff.ipb.ac.id/article/tips/tips-otomotive/kursus-stir-mobil/ Mudah2an bermanfaat, terutama buat saya pribadi sebagai instruktur kursus mobil dadakan :)

Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas
(pakai kaki kanan secara bergantian)
Menghidupkan mobil dalam keadaan kopling di gigi nol
1) Pasang tali / sabuk pengaman
2) Putar kunci untuk menghidupkan mesin
3) Hidupkan AC
4) Turunkan Rem Tangan
5) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
6) Angkat kopling pelan2
7) sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai terasa mobil bergerak

Memundurkan mobil
1) Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
2) Angkat kopling pelan2
Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur. Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu
cepat agar mesin tidak mati)

Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas)
1) Injak kopling habis
2) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
4) Angkat kopling pelan2
5) Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya
6) Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak dan mengangkat gas saja

Jika melalui polisi tidur
1) Angkat gas, tempel pedal rem
2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3) Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya
4) jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur
5) Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2

Menambah/mengurangi gigi
1) Injak kopling habis
2) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
3) Tempel gas
4) Angkat kaki dari kopling pelan2

Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat
1) Injak rem pelan2 sampai terasa mobil berhenti
2) Injak kopling habis
3) Pindahkan gigi ke gigi 0
4) Angkat rem tangan

Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan)
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya

Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap
4) atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya
5) Tempel kaki di gas

Berhentikan mobil:

1) Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem)
2) Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku
3) Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap

Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan
1) Jika mobil melaju terlalu cepat, tempel gas
2) Injak kopling habis
3) Angkat gas
3) Pindahkan gigi ke gigi 1
4) Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel gas
(sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur sudah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju)
5) Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti) lihat jalur apakah bebas atau tidak
– Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling sekuku (mobil akan maju merayap), kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku
– Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem (biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit)
– Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali)
6) Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap
– Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu lintas), angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya diatur oleh gas (gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam
kota)

Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2
1) Jangan panik
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan
– Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit
– Jika mobil sedah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja

Macet di jalan tanjakan
1) Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalananmacet)
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem Jika mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat
kopling perlahan, rasakan sampai mobil bergetar (agar mobil tidak mundur ketika melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku
sampai mobil terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas

Tanjakan tanpa menggunakan rem
1) Gigi dalam posisi gigi 1
2) Injak kopling
3) Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)
4) Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhenti, MOBIL BERHENTIi)
5) Angkat kopling sekuku (mobil akan merayap maju kembali, MOBIL BERJALAN) Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat kopling sekuku

Tiba2 ada orang menyeberang
1) Angkat gas
2) Injak rem
3) Injak kopling habis

Macet di jalan rata
1) Gigi dalam posisi gigi 1
2) Injak kopling habis
3) Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit Kombinasi kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi kopling dan gas.  Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, angkat kopling sekuku, injak gas (rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan).  Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas

Macet di jalan turunan
1) Gigi dalam posisi gigi 0
2) Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas

Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap
1) Injak rem perlahan
2) Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3) Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
4) jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling lalu angkat sedikit kombinasikan dengan menginjak gas sampai mobil terasa berhenti perlahan, atau injak kopling dan tempel rem

Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan
1) Injak kopling habis
2) Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat)
3) Pindahkan gigi ke gigi 0
3) Angkat rem tangan

Berhentikan mobil ketika mundur
1) Angkat gas
2) Injak rem perlahan2
3) Injak kopling habis

Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap)
1) Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem
2) Injak kopling, angkat/lepas rem
3) Angkat kopling sekuku
Perhatikan ! Jika sudah dapat berhenti dengan kopling + tempel gas, maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak

Parkir maju
1) Lewati mobil badannya
2) Belokin stir
3) Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku

Mundur/parkir ke kanan
1) Putar stir habis ke kanan
2) Mundur merayap
3) Putar balik stir
4) Mundur lurus

Parkir mundur ke kanan
1) Injak kopling habis
2) Pindahkan gigi ke R
3) Tempel rem
4) Mundur lurus
5) Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan – berhenti – jalan – berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat lagi kopling sekuku, tahan
6) Mata lihat ke kaca spion
7) Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling. Putar stir habis kekanan 2 x putaran
9) Angkat kopling sekuku
10)Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas
11)Jika kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling
12)Putar balik stir 2 x ke kiri
13)Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir Jika ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit pantat mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia) Jika ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu
14)Injak kopling
15)Tempel rem
16)Pindahkan gigi ke gigi 0
17)Angkat rem tangan
18)Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem
19)Matikan AC, copot sealt belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembok stir mobil, buka pintu

Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka
1) Injak kopling
2) Pindahkan gigi ke gigi 1
3) Majukan mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agar lurus dengan cara putar balik stir)
4) Mundurkan mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekuku tahan, begitu seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk
Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion
Perhatian :
1) Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban dan poros ban
2) Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak dapat merusak mekanik kopling
3) Rem kaki tidak boleh ditekan terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya ketika turunan) sebab dapat menyebabkan rem terbakar
4) Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2
5) Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja
6) Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat
7) Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan
9) Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus
10) kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
11)Gigi 3 untuk jalan raya besar
12)Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit

TIPS :
1) Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mobil: tempat busi, dan tempat injection
2) Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air
3) Jika mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot sebab saingan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar
4) Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer
5) Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring
6) Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki
7) Tune up jangan terlalu sering
8) Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor
9) Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik
10)Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil
11)Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti
12)Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas. Sebab bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang
tenaga meskipun sebenarnya mesin baik2 saja. Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik. Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali. Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (tansmisi) Menginjak kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin
mobil tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling. Yang sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik
posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan. Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling. Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling – fly wheel – matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling
13)Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit

About these ads
Categories: Otomotive
  1. ikhsan
    November 5, 2008 at 8:32 am

    thanks, soalnya aku blum bisa nyetir (nol) tapi mobil dah nongkrong, masa cuma diplototin doang, hehehe…….

  2. wury
    December 11, 2008 at 3:34 am

    tks sekali kebetulan saya sedang cari referensi tentang mengemudi karena saya perlu untuk anak yang baru mau belajar mobil. semoga menjadi berkah melalui tulisan ini anda banyak beramal bagi yang lain.

  3. December 18, 2008 at 8:58 am

    Hehehe….thank banget atas tulisannya. Karena sampe sekarang saya belum bisa nyetir mobil (maksudnya yang manual, hehehe). Saya bisa hanya yang Auto, aneh yach, hehehe…. tapi sekali lagi meski nggak biasa karena ribet boleh juga, harus belajar yang manual juga yach, hehehe
    Ma’af agak ngocol, tapi benaran sampe sekarang saya nggak bisa nyetir yang manual, sure :) :) :)

    Best regard,
    Bintang

    http://elindasari.wordpress.com

    #####
    Jgn pernah patah semangat dan terus mencoba. Kl dah bisa yg manual, pasti ketagihan dech ;)) Kasih info kl dah bisa ya….;)

    • December 31, 2012 at 2:23 am

      ketagihan kayak makan jengkol aja bang sampai ketagihan.

      • December 31, 2012 at 2:25 am

        oh ya bang mau tanya nih kalau di puncak kecepatan brp ya gigi dan rpm nya

  4. June 10, 2009 at 4:39 pm

    Terima kasih Mas atas artikelnya,
    Hari gini belum bisa nyetir (kaya’ saya nich Mas, siap-siap punya mobil nich)

  5. lidya
    June 22, 2009 at 4:31 am

    thanks banget informasinya. ini yg saya butuhkan biar lbh paham cara nyetir yg bener, biar gak di marah2in instrukturnya trs… hehehe…. semoga dgn ini sy bisa lancarnya belajarnya….

  6. July 29, 2009 at 3:35 pm

    terima kasih Mas,
    artikel Anda membuat saya lebih mantap untuk belajar mengemudikan mobil, kata trainer saya, orang banyak yang bisa mengemudikan, tapi hanya rem dan gas, untuk noleh kanan-kirinya banyak yang gak mau, :D

    terima kasih banget Mas,
    semoga artikel lain yang lebih menarik dan bermanfaat segera disajikan dalam blog ini,

  7. August 20, 2009 at 5:16 am

    Makasih banyak mas.i info nya berguna sekali buat saya yang lagi belajar mengemudi….

    • jurandi
      October 23, 2009 at 2:36 am

      Kira-kira biaya belajar mengemudi sekalian bikin SIM Berapa ya mas…
      mohon infonya ya…
      Thanks

      ====
      Tergantung frekuensi latihan dan mobil yang akan digunakan. Semakin sering latihan dan semakin bagus mobil yang digunakan maka biaya biasanya akan lebih mahal. Tp bs saya kasih kisarannya kira 500-700 rb sama biaya SIM. Untuk pastinya bisa ditanyakan langsung ke tempat kursusnya.

  8. September 2, 2009 at 2:02 am

    Kebetulan baru beli yg matic. Ngeliat step-by-step diatas, rasanya beruntung pake matic. Ga kbayang bagi saya kudu kopling-koplingan. La wong pake motor bebek aja ga bisa ganti gigi. There’s something wrong with my coordination jadinya cm bs spesialis matic…

  9. andi
    December 3, 2009 at 12:05 am

    ok banget bro.. Thx y, mhon dna restu biar sya cepat lancar nyetir nya!..

  10. yudhi
    December 8, 2009 at 11:25 am

    terima kasih tips nya……

  11. Roha Wibowo
    January 15, 2010 at 3:44 am

    thanks infonya.. brmanfaat bgt

    saya lg belajar nyetir nih.. diajarin suami..
    doakan ya moga sukses… n’ segera bisa bawa mobil sendiri..

    Thanks,

    Roha – wibowo

    http://www.ratuselimut.com

  12. NK
    January 19, 2010 at 2:58 am

    thx banget ya teorinya,udah kursus yang jam ke-5 tapi malah tambah kacau, padahal kursus yang awal2 top banget, makin ke sini ditambah materi nanjak n merayap makin grogi, ditambah materinya makin takut nabrak kendaraan lain,tanya sama suami eh malah dibilang belum punya dasarnya bukannya diajarin dasarnya, cari2 dasar teori nyetir, eh sampean kasih ilmunya…membagi ilmu itu InsyaAllah pahalanya gk putus2 lhoh, selama ilmunya diamalkan. trims lima kali lagi… =) “NK”

  13. art
    February 11, 2010 at 5:11 am

    oh..ada yang dimarah instruktur juga ya..
    sama dun mba,
    btw,thx artikelnya

  14. narto
    February 18, 2010 at 3:28 pm

    aslm wr wb, terima kasih banget tips belajar mengemudinya, salam sukses.

  15. Jonez
    April 9, 2010 at 10:49 am

    Lebih baik belajar sama yang sudah mahir, daripada KURSUS.cuma buang buang duit bos.Instruktur nya kebanyakan istirahat nya.udah gitu waktu kursus nya kilat banget……….kapok saya dulu juga ikut kursus, cuma pengen dapetin SIM A aja.thx buat tip nya semoga bermanfaat untuk yang sedang belajar mobil.sukses selalu

  16. meli
    May 6, 2010 at 2:02 am

    trimakasih infonya ya…saya lg belajar nyetir nih… makasih banyak..semoga sukses ya..doain ya.. oh ya menggunakan kopling setengah itu gimana ya? kok aku gak bisa2 ya…

  17. erna
    May 13, 2010 at 10:53 am

    thx buat tipsnya,mending belajar sama yg sudah pintar, sy juga pernah kursus kilat 10 jam, tp ya gitu pas dipraktekan dirumah kaku lagi

  18. oki
    June 26, 2010 at 7:55 am

    terimakasih untuk tipsnys

  19. Erick
    July 5, 2010 at 5:45 pm

    Bos, angkat kopling SEKUKU mksdnya gmna ya? Diangkat setengah kopling gt ya?

  20. Erick
    July 5, 2010 at 5:48 pm

    Bos, angkat kopling sekuku mksdnya gmana ya? Angkt setengah kopling gt ya?
    ===
    betul. Sekuku=setengah kopling

  21. Erna
    July 5, 2010 at 5:51 pm

    Mas, angkat kopling sekuku mksudnya gmana ya? Angkt setengah kopling gt ya?
    ===
    Betul, sekuku=setengah kopling

  22. August 16, 2010 at 8:28 am

    Terima kasih ya..semoga menjadi amal dan berkah

    • August 18, 2010 at 5:56 pm

      matur thank Q tutorialnya sangat membantu :)

  23. michael
    August 21, 2010 at 7:29 am

    Mas, bagaimana kita memperkirakan bagian kiri mobil agar tidak menyenggol kendaraan lain ? kalau supir-supir yang sudah jago bisa mengatur posisi bagian kiri mobil 30-50 cm dari kendaraan lain.

  24. September 7, 2010 at 1:49 pm

    Thx infonya bagus nih, kebetulan saya juga lagi belajar mobil
    Maksudnya tempel gas itu apa ya?

  25. Aini
    September 18, 2010 at 2:55 am

    Makasih banyak lho tipsnya, ini sangat membantu bagi pemula seperti saya. Saya lagi mau belajar nyetir mobil, abisnya ortu punya 6 anak tapi yg bisa nyetir cuman 1 orang jadi susah kesana kemari contohnya kayak mudik kemaren hehehe…

  26. Agnez
    September 20, 2010 at 10:42 am

    Oke bgts nich tips2nya..aq bljr yg matic,buat nganter jmpt anak skul.suami yg jd ‘mendadak instruktur’.hehe..cuma disrh baca manual book.trus qta lgsg praktek.pertama x kagok bgt,smpe suami emosi.setlh ke 4 x,lgsg anter jmpt anak ( tp ttp didampingi suami ).tp msh agak ga bisa bagi perhatian kespion kanan kiri klo lg mau parkir.kenapa rasanya bagian parkir begitu susah :D
    Apa yg laennya ngalamin kendala di bagian parkir?? *nyari tmn senasib*.hehe…pengennya sich klo bs bljr yg manual jg.kliatannya seru jg.anyway thanks bgt buat tips2nya :)

  27. Bunda wahda
    November 3, 2010 at 10:07 am

    Assalamu’alaikum.wr.wb
    wah…thk banget infonya,skrng saya lagi kursus nyetir nich,buat antar jemput anak sekolah,sdh beberapa kali pertemuan awalnya sama intruktur pertama kurang info2,trus diganti sm intruktur yg kedua lumayan dibanding pertama,Alhamd.ada artikel ini tambah dech untuk infonya.jd kurang dech dimarah2in sama tu intruktur…hehehe.do’akan cepet lancar.Allohuma Amin….

  28. hodlan
    December 28, 2010 at 6:51 pm

    oke thank’s aku juga lagi belajar.

  29. asep
    January 2, 2011 at 3:07 pm

    trimakasih banget tipsnya. komplit plit plit…bener2 jadi buku pintar buat ibunya anak2 yg baru belajar nyetir

  30. Eka
    January 16, 2011 at 10:58 am

    Wah. makasih banget mas artikelnya sangat membantu. Aku dah 10 thn ga nyetir, dan mau mulai lagi nih, apalagi sekarang mobilnya manual (dulunya matic). Oh ya Mas, baiknya jarak dengan mobil yang ada di depan berapa meter ya?

    ===
    Alhamdulillah kl bermanfaat. Sebenarnya tidak ada batasan berapa meter jarak dengan mobil depan, terlebih pada kondisi macet. Utk pemula yg terpenting adalah berjalan secara perlahan, atur jarak aman, jgn terlalu dekat agar kita dapat mengendalikan kendaraan bila sewaktu2 kendaraan didepan kita mengerem mendadak. Tp utk sekedar hitung2an, kira2 0.1% dari kecepatan mobil. Misal, anda berjalan dgn kecepatan 60km/jam, berarti jarak aman kira2 60m

  31. February 14, 2011 at 1:21 am

    hehehe thanks yaaaa aldino sedan belajar nic sudah beritau tips nyaaaaaaaaaa

  32. fahmi
    February 25, 2011 at 7:01 am

    makasih ni tipsnya..
    soalnya aku juga gak bisa kalo di jalan tanjakkan… infonya keren..

  33. Norma Randu
    February 27, 2011 at 1:54 pm

    makasih..ya..masukanya,dulunya sich aq kursus, tapi belum berani setir sendiri, sekarang kondisi suami kesehatanya terkadang tidak memungkinkan untuk mengemudi,mau ngga mau..aq wajib dan hrs bisa mengemudi..,moga..aq diberikan banyak kemudahan ,juga tips..nya sangat membantu,ok…makasih

  34. Asnur Airtiris
    March 22, 2011 at 4:59 am

    Thank’s yaach…….

  35. deva
    April 16, 2011 at 1:04 am

    trimakasih atas pencerahannya!!!

  36. May 22, 2011 at 2:06 am

    makasih atas infonya, saya mau belajar mobil nih…..semoga bermanfaat

  37. ani
    May 24, 2011 at 3:52 am

    Makasih tips2nya. aku lg belajar nyetir, dimarah2in suami melulu soalnya aku grogian apalagi pas jalannya ramai banget.Artikel tsb membantu banget.

  38. sam
    June 6, 2011 at 2:30 am

    sangat bermanfaat…..! thx……

  39. alferi yoda
    June 27, 2011 at 7:53 am

    ada info tambahannya lagi nggak

  40. Wiwid Mulyadi
    September 1, 2011 at 2:20 am

    Thanks untuk info dasarnya, mas. BTW, kalo lagi nanjak trus pake gigi 1, trus di depan ada belokan itu enaknya pada saat udah mau naik ke jalanan rata trus langsung mau belok biar mobil beloknya nggak tajam gitu kombinasi kopling rem nya bagaimana yaa???

  41. no name
    September 27, 2011 at 4:51 pm

    aku di belikan babeh mobil tapi belum bisa nyetir… tapi alhamdulillah dengan artikel ini… InsyaAllah aku akan belajar… dan bisa..

  42. piece
    October 16, 2011 at 6:52 am

    Thank infonya

  43. piece
    October 16, 2011 at 6:53 am
  44. degge
    October 19, 2011 at 3:34 pm

    bravo..for u, brother…thanks..

    • Dedi
      March 6, 2012 at 6:06 pm

      Mksh ats info y saya br td sore di ajarkn nyetir mobil olh ayah saya td y si susah pi alhamdulillah kl kt d niat psti bs,,,???:D

  45. May 1, 2012 at 4:50 am

    Armi, tolong dong ralat alamatweb saya yang http://bima.ipb.ac.id/~anita/kursus-stir-mobil.htm, karena alamat yang ini sudah missing, sekarang alamat web saya adalah http://anitanet.staff.ipb.ac.id/article/tips/tips-otomotive/kursus-stir-mobil/

    ===
    Dear Mbak Anita,
    Sdh di edit, silakan dicek

    • May 1, 2012 at 6:31 am

      tq so much, sudah saya lihat, sudah di ralat
      Hehehe sorry tadi salah reply, harusnya disini ya reply nya :D

  46. May 1, 2012 at 6:29 am

    ok, terimakasih
    Wow cepet juga responnya

  47. liul
    May 22, 2012 at 12:54 am

    Aku niy begoooo baget deh,mobil ada dari 10 th lalu tapi cuma bs di liat doang.suami ngajari tapi suka emosi buru buru gt,trus ama instruktur juga gak ngaruh. Gmana ya? Ribet banget kayaknya ngapalin kopling, sumpah binguuuung, ini baca tambah bingung gmana kalo nanjak,macet di lampu merah parkir, karena aku cuma bisa lurus terus,Ini serius aku cuma bisa lurus,
    Ada yg bisa nolong aku kah? Kalo masih nol kayak aku begini mending pake manual yg ribet atau matic? Hellllppppp meee, thanks alot

    * kasian suami kalo ke luar kota gak pernah bs gantian, hiiikkkss

  48. hen
    June 19, 2012 at 8:19 am

    tnk’z. .., yah atas itruksi bab dingding ny. soal ny aku baru belajar nyetir.

  49. hen
    June 19, 2012 at 8:22 am

    thk’z . .., yah atas intruksi ny . soalny aku baru belajar nyetir.

  50. June 20, 2012 at 8:21 pm

    tanks

  51. joster togatorop
    June 26, 2012 at 12:57 pm

    terimakasih bnyk ya om,
    teori om, ini sangt bermnfaat sekali buat saya yang sedng belajar mengemudi mobil, semoga makin sukses dan cpt terampil…

  52. krus
    July 27, 2012 at 2:12 pm

    mksh om tips nya, bener2 top deh…sy jg lg bljr nyengir eh nyetir nih…dah hr kelima dibimbing ma sepupu…dia kadang2 bikin emosi kalo ngasi intruksi di jalan raya,soalnya saat itu kan kita lg bener2 konsen eh dia malah nyuruh kopling lah…ganti gigi lah… ngerem lah…
    Tp berhub sy lg butuh dia….yah bela-belain senyum manis deh.

  53. Sartono
    September 11, 2012 at 5:29 am

    Terima kasih tulisannya mas. serasa sudah nyetir beneran

  54. September 30, 2012 at 11:42 am

    setelah saya baca armie saya bisa belajar menyetir. terima kasi armie

  55. alin
    November 12, 2012 at 12:15 pm

    Tipsnya sangat membantu. Trima kasih

  56. rivie
    March 18, 2013 at 9:05 am

    blom blajar udah takut duluan.
    Soalnya sy kagetan,
    Takut ngrugiin org lain + diri sndiri tntunya huhuhu

  1. April 12, 2010 at 12:37 am
  2. August 11, 2012 at 8:22 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: