Home > Tips and Tricks > Cara disable touchpad pada laptop

Cara disable touchpad pada laptop

Tidak seperti pada komputer desktop, ketika kita mengetik sebuah dokumen pada sebuah laptop, tulisan biasanya tidak tertata sesuai keinginan kita. Cursor ‘berlari’ dan pindah dari satu posisi ke posisi lainnya, terutama ketika kita mengetik cepat. Hal ini disebabkan oleh sensitifitas touchpad pada laptop yang mampu menangkap gerakan tangan ketika mengetik, dan berimbas pada pergerakan cursor laptop.

Ada beberapa solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Dulu, ketika laptop yang saya gunakan compact, saya dengan mudah men-disablekan touchpad dengan menekan sebuah tombol dekat touchpad itu sendiri. Akan tetapi bila tak terdapat tombol yang mampu melakukan hal tersebut, bisa dilakukan melalui mekanisme software aplikasi.

Laptop yang saya gunakan saat ini adalah Dell Inspiron dengan operating system Windows 7. Jadi saya akan bercerita bagaimana cara men-disable kan touchpad pada sistem tsb. Biasanya ketika install Window 7, secara otomotis setting touchpad ini sudah ada. Tp tidak semuanya, termasuk pada kasus saya. Caranya sebagai berikut:

  1. Download software touchpad setting driver sesuai dengan konfigurasi laptop anda. Misal Dell Inspiron dengan seri bla….Utk kasus saya, krn sy lupa seri laptop yang saya gunakan, akhirnya saya download synaptics driver untuk vista 64 bits. Silakan download pada link berikut: http://www.techspot.com/drivers/driver/file/information/11232/ Dan alhamdulillah driver ini bekerja dengan baik pada sistem tsb.
  2. Setelah instalasi, reboot ulang laptop anda.
  3. Kemudian masuk ke control panel dan masuk pada tab mouse setting.
  4. Setting disable touchpad.
  5. Pastikan bahwa anda menggunakan mouse eksternal sehingga pointing cursor dapat dilakukan dengan menggunakan mouse.

Mudah2an tips dan infonya bermanfaat :)

Categories: Tips and Tricks
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

