Home > Otomotive > Mencuci mobil sendiri dengan mudah & efektif

Mencuci mobil sendiri dengan mudah & efektif

Sumber : Mobilku.com

Membersihkan mobil secara teratur akan menjaga mobil dari ‘pembusukan’ sebelum waktunya. Memang nyaman memanfaatkan jasa Automated car washes. Namun kalau salah memilih, akan beresiko melucuti lapisan wax dan menggores finish cat. Resiko itu dapat diminimalkan bila kegiatan itu dilakukan sendiri di rumah.

Finish adalah kombinasi cat dan bahan pelapis tembus pandang yang menutupi plat body mobil. Pada mobil baru finish terdiri dari lapisan cat yang ditumpuk oleh lapisan jernih mengkilap. Diatas finish biasanya dilapisi wax pelindung (protective wax). Finish harus dipertahankan utuh karena merupakan adalah pelindung utama body mobil dari kerusakan. Sekali saja lapisan finish rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi.

Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan. Parkirkan mobil ditempat teduh, lebih baik kalau tempatnya landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.

Mulailkan dengan mencuci peleg (Velg):
Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menepel gunakan sikat lembut, jangan menggosok terlalu keras. Bila memakai peleg alloy, pastikan cairan pembersih tidak merusak lapisan pelindungnya.

Mencuci body:
Siram seluruh body mobil dari atas ke bawah. Lebih baik bila menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa diatur daya semprotnya. Dengan mengatur tingkat kekuatan semburan, kotoran-kotoran kering dapat dihilangkan. Jangan terlalu kencang karena justru akan mendorong kotoran masuk ke dalam lapisan finish. Jangan lupa bagian kolong dan sela-sela peleg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlalu keras berresiko tergores. Gunakan detergen khusus untuk mobil agar finish terlindungi. Menggunakan deterjen pencuci piring akan menguliti lapisan wax.

Tuangkan detergen pembersih kedalam ember yang berisi air dingin (air panas akan melumerkan lapisan wax). Ikuti petunjuk pemakaian dan perbandingan detergen dan air. Jangan lebih, karena akan menghilangkan lebih banyak wax. Pengalaman banyak orang, mencampurkan 75% detergen dari yang direkomendasikan justru menghasilkan mobil yang lebih bersih mengkilap. Cobalah menemukan komposisi yang paling tepat menurut anda.

Bila sisi-sisi mobil lebih kotor dari bagian atas, kap mesin dan bagasi, anda bisa menggunakan strategi ini untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya goresan. Pertama, mulailah membersihkan dari atas ke bawah. Kedua, ganti lap ketika akan membersihkan daerah yang paling kotor.

Untuk membersihkan atap, kap mesin dan bagasi, mulailah dengan membasahi bagian yang akan dicuci. Celupkan lap lembut kedalam bak berisi cairan detergen. Usap dengan hati-hati agar permukaan tidak tergores. Sesekali celupkan lap dan kucek agar kotorannya larut dalam cairan detergen. Bersihkan seluruhnya mulai dari kap mesin hingga bagasi. Lalu bilas dengan air yang mengalir, jangan di semprot. Jangan sekali-kali mencuci satu bagian lalu pindah ke bagian lain dan meninggalkannya dalam keadaan belum dibilas. Cairan pembersih akan mengering dan anda akan memulai proses mencuci dari awal lagi.

Bila bagian atas sudah dibilas seluruhnya, kini giliran bagian samping, grille, dan bemper. Mulailah dengan membilas sekali lagi bagian yang akan di cuci. Mulailah dari fender. Ganti lap kedua untuk mencuci bagian bawah mulai dari fender, grille dan yang terakhir bemper. Inilah bagian-bagian paling kotor, jadi usahakan agar lap tetap bersih dengan menguceknya berulang-ulang. Segera bilas setiap bagian yang sudah dicuci.

Mengeringkan mobil:
Ambil lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis, letakkan dipermukaan akan dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap/chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti diatas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan permukaan dengan cara mengusap. Lakukan cara seperti itu hingga seluruh permukaan kering. Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes kedalam. Selamat mencoba.

Categories: Otomotive
  1. joel
    March 25, 2008 at 5:07 am

    cuci mobil murah dan meriah sambil berolah-raga. Tapi kadang2 kl musim hujan gini suka males euy…masa tiap hari cuci mobil🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: