Home > Sience & Technology > Beasiswa ke Taiwan

Beasiswa ke Taiwan

“Lho kok, kenapa ke Taiwan?”

Taiwan bisa jadi menjadi negara pilihan studi dengan peringkat yang lebih rendah dibandingkan dengan negara2 eropa dan negara2 asia lainnya seperti Singapura, Australia, Korea, dan Jepang bagi para pemburu beasiswa. Mereka lebih memilih negara2 tersebut dibandingkan harus memilih Taiwan sebagai tempat studi. Pilihan ini tentu saja tidak salah, karena mereka lebih familiar dengan universitas2 dinegara2 tersebut atau pertimbangan gengsi di dunia pendidikan. Meskipun secara peringkat universitas baik tingkat asia maupun dunia, universitas2 di Taiwan tidak kalah hebatnya dibandingkan dengan universitas2 di Eropa dan negara2 asia lainnya seperti Jepang, Korea, dan Australia.

National Taiwan University (NTU) merupakan salah satu universitas di Taiwan yang memiliki reputasi yang cukup bagus baik di tingkat lokal, Asia, maupun dunia. National Tsing Hua University (NTHU), National Chiao Tung University (NCTU) juga merupakan universitas yang memiliki reputasi yang cukup bagus di tingkat dunia. Dan masih banyak lagi universitas2 lainnya yang bisa dan siap bersaing dengan universitas2 lainnya baik di level asia maupun dunia.

Dengan memperhatikan kondisi tersebut, tidak ada salahnya bagi pemburu beasiswa untuk mengalihkan perhatiannya ke negeri yang dikenal dengan formossa ini. Begitu banyak beasiswa yang ditawarkan baik dari universitas maupun pemerintah Taiwan. Untuk beasiswa universitas, anda bisa masuk ke situs universitas yang bersangkutan, dengan mencarinya melalui fasilitas search engine seperti google, yahoo, dll. Bentuk beasiswanya pun bermacam2, ada yang partial atau full scholarship yang meng-cover biaya hidup anda selama periode studi plus tuition waiver. Untuk beasiswa dari pemerintah Taiwan sendiri terdapat beberapa kategori seperti:

A. Taiwan Scholarship

     1. Ministry of Foreign Affairs (MOFA) Scholarship

     2. Ministry of Education (MOE) Scholarship

     3. National Science Council (NSC) Scholarship

     4. Ministry of Economic Affairs (MOEA) Scholarship

B. Democratic Pacific Union (DPU) Graduate Scholarship Program

C. Taiwan ICDF scholarship program

Link dari jenis2 beasiswa tersebut dapat anda temukan dengan memanfaatkan fasilitas search engine yang tersedia. Untuk beasiswa2 yang ditawarkan oleh pemerintah Taiwan biasanya mempunyai nilai nominal yang lebih tinggi dibandingkan dengan beasiswa universitas. Tapi jangan khawatir, karena biasanya beasiswa universitas akan diikuti pula dengan keringan biaya berupa tuition waiver, sehingga praktis beasiswa yang anda peroleh hanya untuk biaya hidup saja. Masalah cukup dan tidak cukup itu tergantung gaya hidup anda di Taiwan. Tapi biasanya berada pada kisaran NT 6000-8000-an.

Cukup menarik bukan, paling tidak untuk anda yang suka dengan tantangan dan menyukai dengan hal2 yang baru. Selamat mencoba…

Categories: Sience & Technology
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: