Home > Sience & Technology > Berburu Beasiswa

Berburu Beasiswa

“Ha…!! Kuliah gratis? Emang bisa?”

“Tentu saja..”

“Bagaimana caranya?”

Cobalah raih peluang beasiswa yang banyak ditawarkan, baik beasiswa dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk dalam negeri, anda bisa meraihnya melalui beasiswa universitas berupa keringanan biaya uang kuliah, biasanya untuk strata-1. Sementara untuk S2 dan S3, anda bisa meraihnya dari pemerintah melalui beasiswa Ristek (untuk instansi pemerintah non departemen), Depkominfo, Habibie center, LIPI (hanya untuk intern LIPI), dan Diknas (biasanya khusus untuk dosen). Dan mungkin masih banyak lagi peluang2 beasiswa dalam negeri yang ditawarkan. Anda hanya membutuhkan waktu untuk mencarinya melalui mesin pencari (search  engine) seperti google, yahoo, infoseek, dll. Tentang syarat2 yang dibutuhkan tentu saja bisa anda tanyakan langsung ke institusi terkait atau browse ke alamat institusi tersebut.

Untuk beasiswa luar negeri, peluang ini sangat banyak. Ada beasiswa yang ditawarkan oleh universitas yang bersangkutan atau melalui skema beasiswa tahunan yang aplikasinya dilakukan di Indonesia, seperti ADS (Australia), IDB, ADB, Monbukagakusho, Depkominfo, dll. Saya sebut tahunan karena biasanya beasiswa ini rutin membuka lowongan setiap tahunnya. Saran saya, kalau anda masih muda, cobalah cari tantangan dengan mengikuti seleksi beasiswa2 tsb, sehingga anda mempunyai pengalaman bersaing dengan orang2 pintar seluruh Indonesia. Anda tidak pintar..? Tidak masalah, karena siapa tahu keberuntungan berada di pihak anda, yang penting adalah semangat dan kerja keras.

Untuk beasiswa2 tahunan tersebut, biasanya limit usia yang disyaratkan adalah 30 thn (S2) dan 35 thn (S3). Bila anda berada pada kisaran usia tersebut, cobalah !!! Tapi bukan berarti anda tidak boleh melamar beasiswa yang ditawarkan oleh universitas di luar negeri lo… Sementara untuk beasiswa yang ditawarkan oleh universitas, anda bisa dapatkan informasi dan aplikasi dengan browse ke universitas yang anda inginkan. Cobalah anda hubungi professor yang sesuai dengan bidang dan minat anda. Lakukan korespondensi dengan terlebih dahulu memperkenalkan diri anda, nilai2 lebih anda, dan bila memungkinkan publikasi2 anda yang telah diterbitkan. Dan jangan lupa pada korespondensi yang pertama, sertakan juga CV anda yang menjual, artinya masukkan juga data2 nilai plus anda didalamnya. Ini sangat berpengaruh pada korespondensi berikutnya, karena professor akan bisa menilai sejauh mana minat dan kemampuan anda.

Dan yang terakhir adalah berdo’a. Teruslah meminta kepada-Nya, karena nasib anda sepenuhnya berada dalam genggaman-Nya. Karena ketika anda sudah berusaha keras untuk memperoleh beasiswa yang anda inginkan, hanya do’a lah usaha terakhir yang dapat anda lakukan. Selamat berburu beasiswa…mudah2an keberuntungan berada di pihak anda

 

http://edukasi.kompasiana.com/2010/12/18/berburu-beasiswa/

Categories: Sience & Technology
  1. alfian
    August 30, 2008 at 10:26 am

    Pasti dapat BEASISWA dalam dan Luar Negeri klik di http://beasiswamu.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: