Home > Journal of life > Budi Pekerti

Budi Pekerti

Sejenak hati ini teriris membaca sebuah kisah 2 bocah yg lugu dan berbudi pekerti pada satu blog. Mengingatkan saya pada kisah kejujuran seorang penggembala kambing belasan abad yg lalu, ketika seorang sahabat Rosululloh SAW mengujinya agar memberikan satu kambing saja padanya dengan imbalan uang. Dengan asumsi bahwa si pemilik pun tentu tidak mengetahui bila ia memberikan satu kambing saja dibandingkan dengan apa yg dimilikinya. Sungguh diluar dugaan jawaban dari si-penggembala kambing tersebut, “kalau begitu dimana Allah?”. Jawaban ini tentu membuat sahabat terkejut dan bergetar, hingga akhirnya beliau membebaskan budak tersebut menjadi orang yg merdeka.

Cerita pada blog tersebut memang konteksnya berbeda, tapi memiliki esensi yang sama yakni budi pekerti dan kejujuran. Barang yg sangat langka dijaman sekarang ini dimana orang akan menghalalkan segala cara untuk meraih kegelimangan harta. Tentu ini tidak lahir begitu saja atau instan, tapi melalui proses yang bisa jadi panjang dan berliku yang bermuara pada 2 buah kata saja yakni pendidikan moral. Jenis pendidikan ini tidak bisa lahir dari bangku-2 sekolah ataupun kuliah, tp ia ada dari didikan orang tua, keluarga dan masyarakat. 

Cerita yang sangat inspiratif dan membuat optimistis bahwa diluar sana masih banyak kuntum-2 bangsa yg berbudi pekerti yg harus terus diasah dan dipupuk agar selalu istiqomah dan dapat menggantikan bunga-2 yang sudah busuk dan layu.

Categories: Journal of life
  1. December 18, 2008 at 9:07 am

    Assalamualaikum Armi.
    Wow surprise juga akhirnya bisa mampir ke blog ini. Setelah melanglang buana ke berbagai artikel/ tulisanmu, saya acungkan jempol dech buat yang punya blog.

    Artikel2nya mengalir seperti mewakili jiwa penulisnya. Terima ksh sudah mau berbagi tulisan lewat media ini. Sukses buat Armi dan semoga selalu berbahagia dengan keluarga tercinta 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang
    http://elindasari.wordpress.com

    ####
    Amin…sukses dan bahagia selalu saya doakan buat keluarga mbak Elin.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: