Home > Sosial & Politik > Teknik Presentasi

Teknik Presentasi

Beberapa diantara kita tentu pernah atau bahkan sering sekali melakukan presentasi baik itu bersifat ilmiah berupa presentasi hasil-2 penelitian, thesis, disertasi, dsb atau non ilmiah seperti presentasi suatu produk perusahaan, dsb. Selain persiapan mental dalam berbicara didepan audience, tentu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan menyangkut materi yang akan dipresentasikan.

Yang pertama adalah gaya bahasa yang kita gunakan. Usahakanlah menggunakan gaya bahasa yang menarik seperti penggunaan kalimat-2 pendek, aktif, dan perhatikan pula bentuk-2 penekanan/artikulasi, intonasi suara. Jangan biasakan berbicara terlalu cepat dan juga terlalu perlahan atau terbata-2. Berikanlah ilustrasi yang menarik terhadap apa yang akan kita sampaikan sehingga mempermudah audience memahami apa yang kita sampaikan. Jangan terlalu sering melihat slide dan gunakanlah bahasa yang umum disesuaikan dengan tingkat pemahaman audience.

Yang kedua adalah bahasa tubuh ketika melakukan presentasi. Usahakan selalu eye contact dengan audience sehingga kita dapat melakukan penilaian terhadap keseriusan audience terhadap materi yang kita sampaikan. Kondisi tubuh relaks, tidak terlihat tegang dan selalu memperlihatkan mimik keseriusan terhadap materi yang disampaikan dan jika memungkinkan sebaiknya diselingi dengan joke-2 untuk menyegarkan suasana

Yang terakhir adalah mengatasi demam panggung. Hal ini biasanya muncul karena rasa kurang percaya diri disebabkan karena tidak terbiasanya seseorang berbicara didepan orang banyak. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan latihan presentasi setiap ada kesempatan didepan teman-2 dan mintalah evaluasi terhadap presentasi yang anda lakukan. Melakukan persiapan materi juga salah satu strategi dalam mengatasi demam panggung. Anggaplah bahwa anda-lah yang paling tahu terhadap materi yang akan anda sampaikan. Anda akan menjadi presenter yang handal ketika jam terbang anda tinggi.

Selamat melakukan presentasi…:)

Categories: Sosial & Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: