Home > Sosial & Politik > Kritik dan kontrol sosial

Kritik dan kontrol sosial

pritaDalam hidup bermasyarakat dan berdemokrasi, tentu kritik tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Kritik merupakan feedback atas apa yg telah kita lakukan atau ucapkan. Tentu saja kritik yang dilontarkan harus memenuhi etika kesantunan, sehingga orang yang kita kritik tidak tersinggung. Demikian halnya dengan orang yang dikritik haruslah bersikap bijak, apapun bentuk dan dari mana datangnya kritikan tersebut anggaplah itu merupakan evaluasi agar bisa lebih baik lagi dimasa-2 yang akan datang.

Kasus yang sekarang sedang hangat adalah ibu Prita, ibu dua orang anak batita, yang dipenjara karena kasus komplainnya terhadap RS Omni. Setelah membaca suratnya yang beredar melalui email dan menyebar dari milis ke milis saya menilai bahwa apa yang diungkapkan oleh ibu prita adalah sesuatu yang wajar. Ungkapan ketidakpuasan seorang pasien atas pelayanan RS yang bertaraf international, akan tetapi apa yang dia bayangkan sebagai brand RS tidak ia peroleh. Tapi dari sini lah petaka berawal. Akibat suratnya tersebut ia harus mendekam dalam penjara karena kasus pencemaran nama baik. Kasihan sekali beliau. Padahal jauh diluar sana banyak orang yang melontarkan kritik terhadap satu institusi tapi tidak mendapatkan hukuman apapun. Tentu saja, karena setiap masyarakat memiliki hak dalam mengungkapkan pendapatnya.

Kejadian ini tentu saja tidak akan pernah terjadi kalau diantara kedua belah pihak mau berkompromi. Saya tidak habis pikir, mengapa kasus ini bisa terjadi. Bukankah setiap konsumen mempunyai hak mendapatkan pelayanan yang baik. Dan ketika itu tidak ia peroleh, wajarkan bila kita komplain? Apakah hak berbicara dan berpendapat dinegeri ini sudah dipasung? kembali lagi kejaman orba dong🙂

Categories: Sosial & Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: