Home > Sience & Technology > Invention Logbook

Invention Logbook

Invention logbook merupakan buku catatan penelitian yang ditulis oleh peneliti yang bersangkutan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana progress research yang telah dilakukan. Buku ini direcord setiap kali melakukan penelitian, tidak hanya yang berkaitan dengan eksperimen, tp catatan-2 penting, rumus-2, dll. Intinya semua yg berkenaan dengan topik penelitian yang dilakukan dan kalau memungkinkan catatan-2 penting dari hasil literature review.

Standar invention logbook biasanya berukuran folio yang telah dibundel hingga beberapa lembar, dengan kelengkapan nama, tanggal penulisan, approval dari kepala project atau supervisor, dan aksesori-2 lainnya. Karenanya, diharapkan tidak lupa dalam menulis tanggal sebelum melakukan record atas penelitian kita, karena hal tersebut akan menjadi bukti ketika ada orang lain yang melakukan riset yang sama bahwa kita telah melakukan penelitian tersebut lebih dahulu.

Selain invention logbook, ada logbook-2 lain yang sering digunakan, spt logbook penggunaan alat-2 riset, laboratorium, dll. Dan biasanya bentuknya lebih simple dan bahkan tidak dalam bentuk buku, melainkan lembaran kartu berukuran folio, A4, dll, berisi nama pengguna, tgl penggunaan dan tgl berakhirnya pemakaian alat ukur, lab, dll. Ini dimaksudkan agar ketika terjadi hal-2 yang tidak diinginkan, seperti alat-2 yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dapat di telusuri siapa yang bertanggung jawab.

Categories: Sience & Technology
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: