Home > Sience & Technology, Uncategorized > Tips Baca Paper

Tips Baca Paper

Dalam sebuah penelitian, biasanya kita dituntut untuk mengumpulkan beberapa paper yang sesuai dengan bidang penelitian yang akan kita kerjakan untuk di-review dan dipahami tentang apa saja yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk membaca dan memahami sekian banyak paper tentu membutuhkan waktu yg cukup lama. Satu paper conference biasanya terdiri dari 4-6 halaman, sementara untuk paper jurnal biasanya lebih dari 10 halaman. Berapa lama yang dibutuhkan untuk membaca semua paper-2 tsb tentunya tergantung dari kemampuan memahami topiknya. Semakin jauh topik bahasan dari bidang keilmuan  yang kita kuasai, tentunya akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memahaminya.

Berdasarkan pengalaman penulis, tips pertama yang harus dilakukan dalam membaca sebuah paper adalah memahami apa yang akan dilakukan oleh author. Ini bisa kita lihat dari abstrak sebuah paper. Idealnya, abstrak merupakan penjelasan singkat mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya (metodologi) dan apa hasilnya. Dari hal-2 tersebut tentunya kita dapat menebak dan mengira-2 kemana arah penelitiannya. Kemudian tips yang kedua adalah membaca kesimpulan. Dari kesimpulan ini biasanya seseorang akan memperoleh data bagaimana hasil dari penelitian yang telah dilakukan, apakah sesuai dengan harapan author, atau justru sebaliknya.

Dengan kedua tips tersebut seharusnya seseorang sudah mampu menganalisa secara singkat penelitian apa yang telah dilakukan. Ketika kita ingin mengetahui latar belakang penelitian, metodologi dan proses penelitian secara detail, maka barulah kita membaca keseluruhan isi paper tersebut dengan seksama. Satu hal yg perlu diingat bahwa memahami secara detail sebuah paper tidak dapat dilakukan dengan sekali membaca saja, terlebih isi paper jauh dari bidang ilmu yang kita tekuni sebelumnya. Butuh waktu berkali-2 membacanya, kalimat demi kalimat, sehingga kita bisa paham maksud yang ditulis oleh author. Tentunya ini juga tergantung kemampuan daya nalar individu.

  1. kuliah
    April 30, 2010 at 3:30 am

    makasih tips2-nya pak…sangat bermanfaat buat yg masih yunior kaya saya ini

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: