Home > Sosial & Politik > Brotherhood in Islam

Brotherhood in Islam

Saya agak terkejut ketika seorang teman dari Pakistan memanggilku dan menanyakan apakah saya tadi menggunakan teko electric miliknya untuk memasak air. Saya baru tersadar kalau baru saja memasak air yang akan digunakan untuk minum dengan menggunakan water boiler (ketel)  miliknya. Ku anggukkan kepala dan cepat menuju dapur, khawatir kalau-2 terjadi sesuatu dengan ketel tsb. Alhamdulillah tidak terjadi apa-2, lalu air kutuangkan kedalam teko lain untuk didinginkan, krn ketel tsb akan digunakan olehnya.

Sambil menuangkan air, kami berbicang-2. Beliau menanyakan mengapa saya begitu kaget dan terkejut ketika ia bertanya tadi. Saya jawab, bahwa ketel ini bukan milik saya, dan saya khawatir bila terjadi sesuatu atau rusak, tentu saya harus menggantinya dengan yang baru. Yang membuat saya tersentuh adalah respons beliau bahwa saya bisa menggunakan apapun barang yang ia miliki (termasuk kendaraan bila saya memerlukan) kecuali istrinya. Barang rusak tidak masalah buatnya, ketimbang persaudaraan yang telah kita bina rusak karena hal-2 tersebut.

Sungguh pelajaran yang berharga buat saya tentang indahnya sebuah persahabatan. Saya pun pernah baca tentang kisah-2 sahabat Rosululloh dalam memuliakan tamu dan sahabat lainnya, yang ikhlas mengorbankan kepentingannya demi menjaga nilai sebuah persahabatan. Awalnya saya berpikir bahwa hal tsb hanya terjadi dijaman Rosul dan para sahabat. Ternyata kali ini saya mengalami sendiri dijaman yg serba materialisme dimana segala sesuatu dipandang dari sudut materi.

Ah…mampukah saya bersikap yang sama, mengorbankan kepentingan pribadi demi kebahagiaan sahabatnya?

Categories: Sosial & Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

