Home > Sosial & Politik > Trip to Penang

Trip to Penang

Awal bulan Oktober yang lalu saya berkesempatan hadir dalam salah satu konferensi internasional di Penang, Malaysia. Sebuah konferensi yang cukup prestisius menurut saya, karena dihadiri oleh beberapa partisipan dari berbagai negara, seperti UK, Japan, USA, Taiwan, China, dan beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia. Saya sendiri merupakan salah satu wakil dari universitas tempat saya menempuh studi PhD saat ini di Malaysia. Kejutan buat saya adalah ketika saya bertemu dengan sensei saya ketika saya menempuh S2 di Jepang beberapa tahun kebelakang. Beliau bukan pembimbing saya langsung, tapi saya saat itu saya sempat mengambil mata kuliah yang beliau berikan. Selain berjumpa dengan sensei, saya pun berkenalan dengan orang2 Indonesia yang berpartisipasi pada konferensi tersebut, baik yang langsung dari Indonesia dan sebagai student atau lecture di Malaysia

Acara konferensi diadakan pada tanggal 3-6 Oktober di hotel Park Royal, Penang.  Tidak adanya kawan selama perjalanan dari tempat domisili saya di kampus, membuat trip ini terasa membosankan. Padahal keindahan alam Penang dengan panorama lautnya yang eksotik mampu membangkitkan suasana romantis bagi siapa saja yang berkesempatan singgah. Tapi saya cukup bersyukur karena beberapa kemudahan yang saya temui selama dalam perjalanan, seperti supervisor saya yang mengantar saya hingga ke terminal bus medan gopeng hingga pencarian tempat menginap selama saya mengikuti acara tersebut. Saya katakan kemudahan karena semuanya tidak terencana dan terjadi secara kebetulan saja. Terima kasih ya robb atas semua kemudahan yang Engkau berikan.

Saya memperoleh kesempatan presentasi pada hari kedua, karena sebenarnya pada hari pertama hanya berisi tutorial dan kuliah singkat dari para pakar dan profesional dibidangnya masing2. Banyak sekali hikmah dan pelajaran yang saya peroleh dari acara2 semacam ini spt sharing pengetahuan, mempelajari karakter presenter dalam melakukan presentasi dsb. Acara gala dinner dihari kedua dengan menggelar acara makan yang diselingi dengan suguhan kebudayaan Melayu pun cukup kami nikmati. Diacara tersebut seluruh partisipan berkesempatan berfoto bersama, tapi sayangnya momen tersebut tidak sempat saya abadikan🙂

 

 

Categories: Sosial & Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

