Home > Otomotive > Sengitnya MotoGP 2011

Sengitnya MotoGP 2011

Balapan motoGP musim 2010 baru saja berakhir satu bulan yang lalu di Valencia dengan Lorenzo sebagai juara. Meskipun penentuan juara sudah diketahui beberapa seri sebelum seri terakhir digelar, tapi ada hal yang lebih ditunggu-tunggu para penikmat olahraga ini, yakni sesi latihan bebas yang digelar di Valencia sehari setelah race terakhir berlangsung. Motor-motor baru dengan pembalap-pembalap baru merupakan ajang yang sangat ditunggu-tunggu tidak hanya oleh penonton tapi juga oleh pembalap itu sendiri. Stoner dengan Honda, Rossi di Ducati, Spies yang menuggangi motor pabrikan Yamaha, dll.

Hasil tes cukup memuaskan bagi Stoner dan Spies yang mampu menorehkan catatan waktu tercepat kedua dan ketiga. Bahkan pada latihan bebas kedua, Stoner mampu menempatkan dirinya sebagai yang tercepat mengungguli Lorenzo dan Spies. Sebaliknya justru hasil kurang bagus diperoleh Valentino pada tes-tes tersebut. Terlebih ketika tes kedua, posisinya melorot hingga ke-15 dari 17 pembalap yang mengikuti latihan bebas ini. Para penggemar pembalap ini tentu saja kecewa, tapi tidak dengan pihak Ducati. Terlepas dari cedera bahu yang masih dirasakan pembalapnya, pabrikan asal Italia ini cukup puas dengan hasil tes yang diperoleh, karena Rossi mampu memberikan banyak masukan untuk memperbaiki performa mesin agar lebih mudah dikendalikan. Hanya Stoner lah hingga saat ini yang mampu menunggangi dan menaklukkannya hingga mengantarnya pada tangga juara dimusim pertamanya di Ducati tahun 2007.

Seperti kita tahu bahwa motor  ducati punya paket power yang melimpah tetapi kurang mumpuni di paket suspensi terutama suspensi depan. Tugas valentino adalah mengubahnya hingga mudah dikendalikan dalam bermanuver ditikungan. Mampukah Rossi melakukan semuanya? Tentunya bila dibandingkan pengalamannya ketika hijrah dari Honda ke Yamaha tentu pekerjaan ini akan lebih mudah. Power yang rendah, paket sasis yang bergetar, dan setup suspensi yang memiliki grip terendah merupakan kelemahan-kelemahan yang dimiliki Yamaha pada saat itu hingga Rossi dengan bantuan teknisi-teknisinya mampu merubahnya menjadi motor yang cepat.

Musim 2011 akan mulai digelar bulan Maret tahun depan, dengan diawali tes motor kedua di Sepang, Malaysia bulan Februari. Honda dengan 3 pembalap andalannya Pedrosa, Stoner, Dovisioso, dan bahkan Simoncelli yang mulai menunjukkan tajinya diakhir-akhir musim. Kemudian Yamaha dengan Lorenzo dan pembalap baru dipabrikan Yamaha, Spies yang digadang-gadang akan mampu masuk dalam jajaran the fantastic four, tentunya akan menambah menarik untuk disimak pada musim 2011 nanti. Mampukah Rossi bersaing dengan pembalap-pembalap muda tersebut? Kita tunggu saja hasil tes di Sepang bulan Februari nanti.

 

http://olahraga.kompasiana.com/balap/2010/12/11/sengitnya-motogp-2011/

Categories: Otomotive
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: