Home > Sosial & Politik > Semangat Bhineka Tunggal Ika

Semangat Bhineka Tunggal Ika

Saya sudah lupa dengan kata-kata ini, kalau tidak diingatkan ketika mendengar pidato Mr. President Barack Obama beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke Indonesia. Menurutnya, semangat bhineka tunggal ika patut ditiru oleh bangsa-bangsa didunia, berbeda-beda tapi tetap satu. Hal inilah salah satu yang memberi kesan bagi beliau ketika menghabiskan masa kecilnya beberapa tahun di Indonesia. Meskipun masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama, tapi tetap satu. Ini juga yang dicontohkan oleh para pahlawan bangsa kita dalam merebut kemerdekaan RI. Dari manapun mereka berasal, tapi rasa berbangsa dan berbahasa Indonesia berhasil mempersatukan keanekaragaman tersebut.

Ah…rasanya saya pesimis makna semboyan ini akan kembali hidup dinegeriku, terutama dikota-kota besar. Terkikis oleh ego dan kepentingan-kepentingan individu. Semangat materialisme justru berkembang sangat pesat ditengah-tengah masyarakat kita. Hal ini tampak jelas terlihat bagaimana pemimpin-pemimpin bangsa kita saling sikut dalam memperebutkan kekuasaan. Demikian pula timbulnya partai-partai baru yang memperjuangkan ego dan kepentingannya masing-masing. Bukankah banyak partai mengindikasikan bahwa semakin jelas banyaknya orang ingin menjadi penguasa? Tidakkah lebih baik bila ini dilebur jadi satu? Toh bila tujuan mereka sama, demi negeri Indonesia yang lebih baik lagi, sudah semestinya mereka mau bersatu tanpa harus terpisah. Tidakkah mereka memahami semboyan lain terkait judul diatas, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, akan menumbuhkan semangat nasionalisme yang makin kuat?

Sebuah negeri bisa diibaratkan dengan sebuah tim sepakbola, dimana para pemain bisa saja berasal dari kultur dan ras yang berbeda. Semua anggota memainkan peranannya untuk mencapai target akhir, menang dalam setiap pertandingan. Demikian halnya dengan negeri Indonesia, dengan semangat bhineka tunggal ika dan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, mudah-mudahan mampu meraih tujuan bersama, Indonesia yang lebih baik dimasa mendatang.

Semoga…

http://politik.kompasiana.com/2010/12/11/semangat-bhineka-tunggal-ika/

Categories: Sosial & Politik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: