Home > Tips and Tricks > Beware: Nimbuzz dan eBuddy

Beware: Nimbuzz dan eBuddy

Nimbuzz dan eBuddy merupakan aplikasi yang mengintegrasikan instant messenger spt google talk, yahoo messenger, msn messenger dll. Bahkan eBuddy versi terbaru mampu update status facebook, melihat status2 friendlist kita, bahkan merespon komentar2 yang masuk. Untuk yang memiliki account dibeberapa instant messenger dan social networking, eBuddy salah satu alternatif terbaik dari layanan terintegrasi yang disediakan. Ia mampu memanage fasilitas2 chatting tersebut dalam satu konfigurasi windows, sehingga kita tidak perlu membuka lebih dari satu windows untuk beberapa layanan. Nimbuzz dan eBuddy juga tersedia dalam bentuk layanan mobile dengan aplikasi java dan koneksi 3G bahkan GPSR atau EDGE, sehingga memudahkan pengguna untuk selalu terhubung dengan teman2 dan kolega di seluruh dunia.

Tapi berhati2lah ketika anda menikmati layanan ini melalui website, spt eBuddy web messenger atau nimbuzz, karena layanan ini cukup rentan untuk disusupi hacker untuk login pada email kita. Beberapa bulan yg lalu, saya menggunakan nimbuzz untuk memanage fasilitas instant messenger dari beberapa account yang saya miliki, spt Gtalk dan YM. Tapi akibatnya, fasilitas email google saya ada yang menyusupi. Ada orang lain yang login atas nama dan password saya ditempat yang berbeda. Ini saya alami ketika belum lama menggunakan fasilitas nimbuzz. Kemudian beberapa hari yang lalu, saya menggunakan eBuddy, hal serupa pun terjadi. Ada orang yang login atas nama dan password saya ditempat yang berbeda. Untuk menghindarkan sesuatu yang tidak saya inginkan, akhirnya password saya ganti.

Dari 2 kejadian yang saya ceritakan, akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa menggunakan fasilitas2 tersebut terbukti tidak aman. Alangkah baiknya menggunakan tool2 yang disediakan sesuai peruntukannya, spt gunakan tool gtalk bila ingin terhubung dengan google messenger. Atau gunakan yahoo messenger bila ingin chatting dengan fasilitas yahoo, dst. O ya, yang saya alami adalah ketika saya koneksi dengan menggunakan PC. Saya tidak tahu bila menggunakan perangkat mobile spt handphone, dsj. Bagaimana dengan pengalaman anda? Adakah anda mengalami hal yang serupa dengan saya?

Categories: Tips and Tricks
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

