Home > Sience & Technology > Beasiswa ke Malaysia

Beasiswa ke Malaysia

Umumnya beasiswa ke Malaysia berbasis project grant. Jika calon pembimbing anda memperoleh grant baik dari pemerintah Malaysia maupun pihak swasta, anda akan kecipratan. Tapi untuk memperoleh beasiswa ini juga tidak mudah, karena anda diharapkan telah memiliki kompetensi yang cukup untuk bidang proyek yang sedang dijalani.

Bagaimana cara memperolehnya? coba anda browsing ke situs2 universitas di Malaysia, seperti Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), dll. Nama2 universitas di Malaysia bisa anda cari melalui google atau mesin pencarian lain. Kemudian setelah masuk ke situs universitas yang bersangkutan, coba anda ekplore, dan temukan list of academic staff. Cari dari daftar tersebut, staff yang memiliki bidang yang sama dengan anda atau relatif mirip. Kemudian proyek2 apa yang sudah atau sedang dijalani oleh staff yang bersangkutan. Bila info2 ini sudah anda peroleh, cobalah buat proposal penelitian semenarik mungkin agar yang bersangkutan tertarik dan bersedia menjadi pembimbing anda.
Masalah selanjutnya adalah research funding. Bagaimana mendanai project yang anda usulkan. Kalau calon pembimbing anda memiliki project yang sedang berjalan, dan itu berkaitan langsung dengan proposal anda, biasanya anda bisa diikutsertakan sebagai tenaga peneliti dengan memperoleh uang saku setiap bulannya. Kalaupun tidak, biasanya kalau professor calon pembimbing anda baik, beliau akan mengusahakan mencarikan funding buat anda.
Cara lainnya adalah dengan mengikuti seleksi beasiswa seperti yg dilakukan oleh Universiti Teknologi Petronas. Untuk info ini silakan bisa anda klik info berikut :
Good luck..!
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: