Home > Sience & Technology > Meraih peluang beasiswa luar negeri

Meraih peluang beasiswa luar negeri

Siapa yang tidak tertarik memperoleh beasiswa pendidikan ke luar negeri. Selain kuliah gratis anda pun bisa jalan-jalan ke negara2 tempat anda belajar. Jenis kebudayaan yang berbeda, alam, dll merupakan pengalaman yang tak mungkin anda lupakan dan bisa anda ceritakan kembali kepada teman2 dan keluarga anda. Untuk full scholarship, selain anda memperoleh keuntungan diatas, anda pun akan memperoleh uang saku yang besarnya cukup untuk hidup anda setiap bulannya atau bahkan berlebih.

Bagaimana cara memperoleh beasiswa ke LN? Ada beberapa yang harus anda lakukan sebagai berikut:
1. Mencari info beasiswa
Dengan fasilitas internet saat ini, sangat mudah mencari beasiswa. Anda tinggal masukkan keyword yang berkaitan dengan beasiswa dan negara tempat tujuan, akan keluar hasil pencarian yang sangat banyak sekali. Tugas anda adalah memilih salah satu yang sesuai dengan minat anda.
Untuk anda yg bekerja sebagai dosen disebuah perguruan tinggi atau pun sebagai peneliti pada lembaga ristek milik pemerintah, meraih peluang beasiswa akan lebih mudah. Biasanya lembaga2 tersebut memiliki kerjasama dengan universitas2 LN untuk mengirimkan calon2 mahasiswa unggul untuk melanjutkan studi. Info2 tentang beasiswa pun selalu terupdate setiap tahunnya. Jadi bagi anda dosen atau pun peneliti muda, manfaatkanlah peluang ini sebaik2nya.
Cara lainnya adalah dengan membuka situs2 universitas yang anda tuju. Carilah bagaimana admission di universitas2 yang anda tuju, kemudian peluang mendapatkan bantuan dana (financial assistance) untuk anda melanjutkan studi disana.
2. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan
Umumnya, untuk aplikasi beasiswa LN, dokumen yang paling dibutuhkan adalah sertifikat kemampuan bahasa inggris, spt TOEFL, IELTS, dsb. Karena bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris, maka dokumen ini mutlak dibutuhkan. Selain sertifikat kemampuan bahasa inggris, anda juga perlu mempersiapkan proposal penelitian. Buatlah proposal penelitian semenarik mungkin, sehingga calon pembimbing anda tertarik. Prospektifitas dan sebarapa potensialnya proposal riset yang anda buat sangat menentukan peluang anda memperoleh beasiswa.
Dokumen2 lainnya tentu yang berhubungan dengan akademik anda sebelumnya, seperti sertifikat tanda kelulusan (ijazah), transkrip, dll.
3. Letter of acceptance
Surat ini berisi penerimaan anda sebagai mahasiswa disebuah universitas ataupun surat rekomendasi dari professor yang bersedia membimbing anda. Surat ini biasanya digunakan untuk dokumen pendukung ketika anda mencari beasiswa.
Ada beberapa lembaga pemberi beasiswa yang selalu menawarkan beasiswa setiap tahunnya seperti Monbukagakusho (Jepang), DAAD (Jerman), Dikti (semua negara tapi untuk dosen saja), Ristek, dll. Jadi persiapkan semua dokumen sedini mungkin, sehingga ketika pengumuman rekrutment beasiswa dikeluarkan, anda tidak terlambat mengirimkan dokumen2 yang dibutuhkan.
Selamat berburu beasiswa
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: