Home > Journal of life > Tetangga oh…tetangga

Tetangga oh…tetangga

Hidup bertetangga memang terkadang menimbulkan berbagai polemik terutama ketika kita tinggal dalam sebuah perumahan. Ada saja hal-hal yang kurang berkenan yang dilakukan tetangga. Kalau dilakukan sesekali mungkin tidak terlalu masalah. Tapi kalau ini dilakukan berulang kali meskipun kita sudah menegurnya, ini akan jadi bom waktu yang kalau tidak segera diantisipasi akan meledak tanpa terkendali.

Dahulu prinsip saya dalam bertetangga adalah dengan say hello saja atau pun tersenyum ketika bertemu itu sudah cukup. Meskipun jarang mengikuti kegiatan2 yg diselenggarakan RT/RW setempat, tapi berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh spt tersenyum dan melambaikan tangan ketika secara tidak sengaja berpapasan, dengan sendirinya akan terjalin keakrababan dan keramahan.
Ternyata hal ini belumlah cukup. Islam mengajarkan bagaimana etika dalam bertetangga. Firman Allah dalam Al-Quran “Dan berbuat baiklah kepada ibu-bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat den tetangga yang jauh” (An Nisa’:36). Kemudian dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah menyakiti tetangganya”. [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari (6475) dan Muslim (47) (74)].
Beberapa etika yang diajarkan adalah sebagai berikut:
  1. Tidak menyakiti dengan ucapan dan perbuatan seperti sabda Rosullullah SAW diatas.
  2. Memberikan salam ketika berpapasan dan menyapanya dengan ramah
  3. Memberikan bantuan ketika dalam kesusahan serta mencoba menghiburnya ketika ditimpa musibah
  4. Memberikan ucapan selamat kepada tetangga ketika dalam kebahagiaan
  5. Menghormati dan menghargai hak-hak tetangga dengan tidak meletakkan sesuatu yang tidak disukainya pada area sekitar rumahnya.
Mudah2an kita semua mampu mengamalkan hal2 tersebut diatas. Kalaupun ada tetangga yang tidak berkenan dihati, bersabarlah. Mudah2an menjadi ladang amal dan ujian kesabaran buat kita semuanya.
Categories: Journal of life Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: