Home > Journal of life > Tidak ada anak yang bodoh

Tidak ada anak yang bodoh

Bodohkah anak2 kita? saya kira tidak. Yang ada adalah kesadaran mereka akan pentingnya ilmu belum tumbuh. Kesenangannya menghabiskan waktu dengan bermain mengalahkan motivasi mereka untuk belajar dan mengejar pengetahuan. Banyak orang-orang terkenal karena kepintarannya saat ini, ketika kita telusuri ternyata masa kecilnya mempunyai nilai2 yang buruk.

Saya akan ambil contoh seorang pemenang nobel fisika 2002 dari Jepang, Masatoshi Koshiba. Ketika masa sekolah dulu, nilai2 pelajaran untuk bidang eksakta beliau rendah/jeblok dan lulus sekolah dengan nilai terendah. Surat rekomendasi untuk meneruskan kuliah dari gurunya pun mengatakan, his results are not good, but he is not that stupid. Tapi siapa sangka saat ini beliau terkenal akan kepintarannya untuk bidang yang beliau tidak hebat saat masih kecil dulu.
Kuncinya adalah motivasi dan ketekunan. Kritikan2 yang dilontarkan dosen nya lah yang menjadi cemeti bagi beliau untuk terus bangkit ditunjang dengan ketekunan dan semangat pantang menyerah.
Bagaimana dengan anak kita? Tugas dari para orang tua lah bagaimana membangkitkan motivasi pentingnya ilmu pengetahuan bagi anak2 kita. Ketika anak kita memperoleh nilai yang buruk dalam satu mata pelajaran, bukan karena mereka bodoh. Tapi mereka tidak serius dalam belajar. Tentu saja, karena mereka tidak tahu pentingnya ilmu. Buatlah suasana belajar menjadi menyenangkan. Terus bangkitkan motivasi dan semangatnya. Sekolah tidak melulu bicara tentang peringkat, tapi lebih dari itu. Ketika anak2 sudah muncul rasa senang dalam belajar, tanpa disuruhpun dengan sendirinya mereka akan belajar. Karena mereka sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.
Categories: Journal of life Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: