Home > Otomotive > Tips membeli mobil bekas

Tips membeli mobil bekas

Saat ini mobil sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat terutama yang sudah berkeluarga. Kondisi keuangan yang tidak memungkinkan membuat orang mencari alternatif lain mencari mobil bekas dengan harga yang relatif terjangkau. Prinsip membeli mobil bekas adalah meminimalisir perbaikan kendaraan. Oleh karenanya diperlukan kecermatan dalam pemilihan sehingga tidak menghabiskan anggaran yg sangat besar.

Ada 3 kategori yang harus diperhatikan sebelum anda menjatuhkan pilihan pada satu kendaraan sebagai berikut:
  1. Cek kondisi bodi kendaraan. Mulailah dengan memperhatikan lekuk bodi kendaraan. Yakinkan bodi kendaraan dalam keadaan mulus. Kalaupun tidak, usahakan mobil bukan bekas tabrakan fatal, misal tulang2 rangka mobil masih dalam kondisi sempurna.
  2. Cek kaki2 kendaraan. Mulailah dengan menjalankan mobil diarea jalan yang jelek dan berlubang. Perhatikan apakah terdapat bunyi2 yang ditimbulkan oleh kaki2 mobil. Kemudian coba membelokkan mobil secara ekstrim untuk memastikan bahwa kohl dalam kondisi baik. Bila ketika membelok terdapat bunyi kretek2, berarti part kohl sudah rusak.
  3. Cek AC kendaraan apakah masih dingin dan bekerja dengan baik.
  4. Cek getaran dan suara mesin apakah masih halus atau terdengar kasar. Untuk yang satu ini sifatnya tidak terduga krn tidak dapat dilihat secara kasat mata. Kalau ada kenalan tukang bengkel atau yg paham tentang mesin akan lebih bagus lagi. Tapi kalaupun tidak, anda bisa cek dengan mendengarkan suara mesin ketika dalam kehidupan hidup. Pastikan bahwa suara mesin tidak kasar dan stabil (tidak naik turun). Kemudian dengarkan juga suara mesin ketika AC dinyalakan.
  5. Cek surat2 kendaraan. Pastikan bahwa STNK dan BPKB asli dan masih berlaku. Bila anda kurang yakin dengan keaslian surat2 tsb, anda bisa cek ke kantor SAMSAT.

Mudah2an tips ini ada manfaatnya. Selamat berburu mobil bekas.

Categories: Otomotive Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: