Home > Journal of life > Turbulensi pesawat

Turbulensi pesawat

Beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan Bandung-Kuala lumpur. Tidak seperti biasanya, perjalanan kali ini cukup membuat jantung berdebar lebih cepat. Apa pasal? Turbulensi pesawat. Ya..pesawat yang saya tumpangi dihentakkan kebawah dgn cepat setelah sebelumnya mengalami goncangan-2 kecil dengan kondisi cuaca yang kurang baik.

Sebelumnya saya tidak mengetahui secara detail apa yg disebut turbulensi pesawat. Pasca kejadian tersebut, saya coba googling.

“Turbulensi adalah kondisi di mana dalam kolom udara terjadi benturan masa udara yang datang dengan kecepatan yang cukup tinggi dan berasal dari berbagai arah yang tidak beraturan. Ada empat macam turbulensi, yaitu jet stream, clear air turbulence, wake turbulence, dan windshear.

Jet stream adalah alur dari arus udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi seperti layaknya sebuah sungai yang terjadi sebagai akibat fenomena alam pada pertemuan udara panas dengan udara dingin. Jet stream dapat mengakibatkan pesawat terbang menjadi lebih cepat dan dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan pesawat yang dikenal sebagai head wind.“

Anda bisa mendapatkan informasinya lbh detail disini

Yang saya alami adalah bahwa pesawat jatuh kebawah dengan cepat seperti ada yang mendorong dari atas. Cukup membuat perut mual. Beberapa orang kaget hingga berteriak dan ada seorang anak yang menangis. Sebelumnya pilot memang memberitahukan akan ada turbulensi. Akan tetapi saya pribadi tidak tahu persis bagaimana turbulensi pesawat dan efeknya. Apakah turbulensi pesawat ini fenomena yang biasa dalam sebuah penerbangan? Karena beberapa kali saya melakukan penerbangan lokal dan internasional, baru kali ini turbulensi pesawat saya alami. Mungkin ada sharing dari pembaca lainnya.

Categories: Journal of life
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

