Home > Journal of life > Berbagilah dengan orang yang tepat

Berbagilah dengan orang yang tepat

Sudah sewajarnya bila seseorang ketika memperoleh kebahagiaan dan keberhasilan menceritakannya kepada orang lain, kerabat, dan teman dekat. Demikian juga ketika ia dilanda kesedihan karena sesuatu musibah yang menimpa akan curhat kepada kolega dan teman dekat. Ini sangat manusiawi, karena ia ingin berbagi kebahagiaan kepada orang lain agar mereka pun turut merasakan kebahagiaan yang ia alami. Pun berbagi kesedihan agar beban terasa lebih ringan dan kalau memungkinkan mereka akan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Ada berbagai cara orang melampiaskan kegembiraan dan menumpahkan kesedihan. Ada yang curhat dengan teman secara langsung, atau mengikuti trend yang berkembang saat ini dengan meluapkannya dalam bentuk status di sosial media🙂 Semua cara sah-sah saja dilakukan, tapi tahukan anda bahwa tidak semua orang akan memberikan respon seperti yang kita harapkan yakni ikut  bergembira atau mengurangi beban kesedihan.

Ada beberapa diantara mereka yang merespons justru kebalikannya. Mereka akan merasakan gembira ketika kita tertimpa musibah dan dilanda kesedihan. Sebaliknya merasa sedih, kecewa, dan tidak puas ketika kita memperoleh kebahagiaan. Meskipun beberapa diantara mereka adalah teman baik kita. Inilah yang namanya penyakit hati berupa iri dan dengki. Jadi, berhati-hatilah berbagi cerita dengan orang lain karena ada diantara mereka yang justru merespon berkebalikan dengan yang kita harapkan.

Terakhir, saya ingin mengutip sebuah hadist yang sangat dalam maknanya sebagai berikut:

“Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan: merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sedekah” (HR. Thabrani)”

So, kalau memang ingin berbagi keluhan dan kegembiraan, berbagilah dengan orang yang tepat menurut pengamatan anda.

Categories: Journal of life
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: