Home > Journal of life > Hati-hati terhadap bahaya kolestrol

Hati-hati terhadap bahaya kolestrol

Berdasarkan telusuran dari wikipedia, kolestrol memiliki makna sebagai berikut

Cholesterol, from the Greek chole- (bile) and stereos (solid) followed by the chemical suffix -ol for an alcohol, is an organic chemical substance classified as a waxy steroid of fat. It is an essential structural component of mammalian cell membranes and is required to establish proper membrane permeabilityand fluidity. In addition, cholesterol is an important component for the manufacture of bile acidssteroid hormones, and vitamin D. Cholesterol is the principal sterol synthesized by animals, predominantly in the liver; however, small quantities can be synthesized in other eukaryotes such as plants andfungi. It is almost completely absent among prokaryotes, i.e. bacteria. Although cholesterol is important and necessary for the aforementioned biological processes, high levels of cholesterol in the blood have been linked to damage to arteries and cardiovascular disease.”

Pendeknya bahwa kolestrol adalah kandungan lemak dalam darah yang bila kadarnya melebihi standar akan menimbulkan beberapa penyakit seperti jantung koroner, stroke, dll. Kadar normal kolestrol berada dikisaran 160-200 mg. Jika kolestrol dalam tubuh anda berada diluar range standar tersebut, ada baiknya anda memulai pola hidup sehat yang disarankan seperti mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan tidak mengandung kolestrol serta lemak tinggi, rutin berolah raga, dan istirahat yang cukup.

Sadar tentang pentingnya kesehatan biasanya tumbuh ketika gejala-gejala kurang wajar timbul dalam tubuh kita. Nikmatnya hidup sehat akan terasa muncul ketika kita sedang sakit. Begitulah yang umumnya kita alami. Kesadaran akan pentingnya mencegah lebih baik daripada mengobati masih minim. Ini pun saya alami ketika iseng-iseng saya coba memeriksakan kadar kolestrol saya pada sebuah klinik kesehatan. Hasilnya ternyata berada diatas standar yang telah ditetapkan. Mulai saat itulah akhirnya saya menjalani program diet dan hanya mengkonsumsi makanan-makanan yang relatif sehat dan tidak mengandung lemak tinggi. Tidak ada keluhan ketika saya memeriksakan kadar kolestrol tubuh, hanya berat tubuh yang sepertinya naik dengan cepat akibat pola makan yang serampangan.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh ketika kadar kolestrol tubuh anda tinggi seperti:

1. Berolahraga. Cara ini paling efektif menjaga kebugaran tubuh sekaligus menaikkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. Kolestrol HDL mampu melarutkan kolestrol jahat (LDL). Olahraga yang dianjurkan adalah yang bersifat aerobik/terus menerus bergerak tanpa diselingi istirahat selama 20 hingga 30 menit. Jogging merupakan solusi terbaik dan murah. Anda bisa melakukannya secara perlahan-lahan dan kontinyu.

2. Konsumsi makanan sehat. Mulai dengan melakukan diet terhadap makan-makanan yang mengandung lemak tinggi. Jangan terlalu sering mengkonsumsi kuning telur, karena kuning telur salah satu makanan yang mengandung kolestrol sangat tinggi. Untuk melihat tabel beberapa makanan beserta kandungan kolestrolnya bisa anda dapati di link sini. Konsumsi juga susu kedelai yang diyakini masyarakat mampu menurunkan kadar kolestrol.

3. Obat. Untuk menurunkan kadar kolestrol bisa juga dengan meminum sejumlah obat-obatan. Cara ini cukup ringan karena anda tidak perlu melakukan sejumlah latihan/berolahraga berat. Tapi cara ini juga tidak disarankan terutama untuk anda yang berumur masih dibawah 40 tahun. Usia dibawah 40 thn adalah masa-masa produktif dimana kurva pertumbuhan, kesehatan, kebugaran, dan kekuatan tubuh anda masih memiliki kemungkinan untuk naik. Cara yang paling efektif untuk usia ini adalah dengan rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat.

Motivasi yang kuat adalah kunci dari suksesnya sebuah pekerjaan. Demikian pula dengan niat anda untuk menurunkan kolestrol. Jalani kiat-kiat tersebut tanpa harus merasa terbebani. Pikirkan manfaatnya daripada mengeluh beratnya menjalani program tersebut. Orang bijak mengatakan bahwa orang sukses adalah mereka yang mampu menunda kesenangan sesaat.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: