Home > Fitness & Health > Penanggulangan Asam Urat

Penanggulangan Asam Urat

Ada banyak solusi mengatasi penyakit asam urat, dari mulai obat2an baik herbal maupun obat2-an yang mengandung zat kimia hingga diet makanan berkadar purin tinggi dan terapi asam urat. Tapi kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengatasi asam urat yang saya alami. Mudah2an ada manfaatnya.

Baiklah, cerita ini saya awali dari kronologi saya terserang asam urat. Beberapa minggu yg lalu, setelah bangun tidur saya mengalami sakit pada kaki kanan, tepatnya pada daerah sekitar mata kaki. Tidak seperti umumnya penderita asam urat lainnya yang biasanya nyeri timbul pada sendi2 jari kaki atau lutut, sakit yang saya alami ini agak diluar area yg umumnya terkena asam urat yakni disekitar mata kaki dan telapak kaki kanan yg kalau digunakan untuk berjalan timbul rasa nyeri. Awalnya saya mengira karena salah posisi kaki saat tidur, sama halnya salah posisi kepala saat tidur yang menyebabkan sakit pada leher. Kemudian saya pergi ke sebuah klinik untuk berobat, dan oleh dokter diberi obat gosok plus pereda rasa nyeri.

Keesokan harinya, Alhamdulillah nyeri berkurang. Saya dapat berjalan dan menggerakkan kaki meskipun belum sempurna. Ada beberapa kawan bilang bahwa ada kemungkinan apa yang saya alami adalah penyakit asam urat, karena cedera yg terjadi bukan diakibatkan karena saya melakukan aktifitas tertentu seperti olahraga, dll. Akhirnya saya coba mulai browsing dan mencari artikel tentang penyakit asam urat. Dari hasil telusuran saya, gejala-2 yang timbul memang mengindikasikan kearah penyakit tersebut. Akhirnya untuk memastikan penyakit yang saya derita, saya coba untuk memeriksakan kadar asam urat saya disebuah klinik kesehatan. Dan hasilnya positif😦 Kandungan asam urat saya berada diluar range normal yakni 8.6 mg/dL atau 0.52 mMol/dL (?). Akhirnya dokter menyarankan untuk diet makan-makanan yang berkadar purin tinggi serta banyak minum air putih.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, teman menyarankan untuk di bekam. Karena berpikir tidak ada salahnya berikhtiar, akhirnya pengobatan ala bekam pun saya lakukan. Alhamdulillah, atas ijin Allah nyeri yang timbul akibat asam urat berkurang. Kemudian ustadz bekam pun memberikan obat herbal yang merangsang pengeluaran air seni. Sama halnya dengan dokter di klinik kesehatan bahwa saya dianjurkan untuk banyak minum air putih untuk mengeluarkan kadar purin berlebih melalui air seni.

O ya, jangan lupa juga mengkonsumsi obat pereda radang sendi untuk mempercepat pemulihan bengkak dan rasa nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat. Saya pribadi mengkonsumsi obat dhasolone yang saya peroleh dari sbh apotik di Malaysia, karena kebetulan saya menetap disini. Entah kalau di Indonesia, apakah obat jenis ini dijual atau tidak. Tapi bila tidak, coba cari obat jenis lain yang memiliki fungsi yang sama yakni meredakan radang sendi. Dan jangan lupa untuk terus berdoa, mudah-mudahan Allah cepat memberikan kesembuhan, karena Dia lah sang Maha Penyembuh dari segala jenis penyakit.

Mudah2an sekelumit pengalaman saya menangani penyakit asam urat ada manfaatnya. Jangan lupa pasca pengobatan asam urat melalui terapi bekam tersebut diikuti dengan diet makanan berpurin tinggi. Dan bila sudah sembuh jangan lupa rutin berolahraga, karena kelebihan purin dalam tubuh juga dapat dikeluarkan melalui keringat.

Semangat…!!!!🙂

Categories: Fitness & Health Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

