Home > Otomotive > Marc Marquez, kandidat juara moto2 2012

Marc Marquez, kandidat juara moto2 2012

Tidak seperti kelas premier balap motoGP dimana diisi oleh pembalap-pembalap yang begitu populer spt Rossi, Stoner, Lorenzo, Dani, dll, pembalap-pembalap untuk kelas moto2 kurang banyak dikenal. Padahal untuk musim 2012 ini, menyaksikan balapan moto2 lebih menarik ketimbang motoGP. Tentu saja, aksi-aksi overtaking dari pembalap-pembalap muda seperti Ianone, Espargaro, Rabat, Marquez, dll sangat menarik untuk disaksikan hingga akhir pertandingan ketimbang motoGP yang pamornya turun karena siapa yang akan naik podium sudah pasti dapat ditentukan. Tiga rider yang sering naik podium pada kelas ini adalah Stoner, Pedrosa, dan Lorenzo. Posisinya tinggal ganti-ganti saja🙂. Terasa monoton dan membosankan karena minim aksi overtaking ketimbang kelas moto2.

Pembalap moto2 yang cukup konsisten dan punya bakat yang bagus salah satunya adalah Marc Marquez. Dia merupakan kandidat utama yang hampir dipastikan akan merengkuh gelar juara pertamanya dikelas moto2. Sebelum naik kekelas moto2, ia melakukan debutnya di kelas 125 cc pada umur 15 tahun pada thn 2008. Diakhir musim ia menduduki posisi ke-12. Ditahun keduanya pada kelas yang sama, ia berada pada posisi ke-8 dengan mengoleksi 94 point. Baru pada tahun ketiga (2010), Marquez menjadi juara dunia untuk kelas 125 cc dengan mengoleksi total point 310.

Ditahun berikutnya, rider berkebangsaan Spanyol ini pindah ke kelas 250 cc. Kalau saja tidak cedera, mungkin Marquez lah yang akan menjadi juara dunia kelas moto2 pada musim pertamanya (2011). Tapi keberuntungan memang belum berpihak padanya. Baru pada tahun keduanya (2012), meski diawal musim agak tersendat, ia sudah hampir dipastikan akan merengkuh gelar juara dunia pertamanya dikelas moto2 sebelum naik ke kelas premier motoGP tahun 2013 mendatang.

Bagaimana peluang Marquez dikelas motoGP tahun 2013? Bergabungnya ia dengan tim pabrikan Honda dan menjadi tandem Pedrosa tentu menjadi ancaman serius buat pembalap-pembalap lain. Umur yang masih muda dengan bakat yang luar biasa, ditambah motor pabrikan Honda dan tim yang hebat tentunya para penikmat motoGP akan melihat aksi-aksi overtakingnya yang luar biasa. Bukan tidak mungkin ia akan menjadi pesaing utama seniornya Dani Pedrosa. Untuk menjadi juara motoGP ditahun pertamanya tentu tidak mudah, karena Marquez harus beradaptasi dengan tunggangan barunya dengan kapasitas cc yang lebih besar, selain banyak rider-rider berbakat dikelas ini. Apalagi Rossi akan kembali ke tim lamanya (Yamaha) dan mendapatkan paket motor yang sangat kompetitif dibandingkan Ducati. Sebagai catatan, Rossi telah mempersembahkan 4 kali juara GP untuk tim Yamaha. Tentu akan memiliki passion yang tinggi menyaksikan aksi rider-rider motoGP pada musim 2013. Meski ada yang kurang, karena Stoner sudah pensiun😦

Sambil menunggu aksi-aksi mereka di musim 2013, yuk ah… saksikan motoGP Sepang 2012. Aksi penuh emosional, karena di track inilah tragedi kecelakaan yang menyebabkan pembalap berbakat Simoncelli menghembuskan nafas terakhirnya.

Categories: Otomotive
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: