Home > Otomotive > Zulfahmi Khairuddin cetak sejarah

Zulfahmi Khairuddin cetak sejarah

Zulfahmi Khairuddin laki-laki kelahiran Selangor, Malaysia, 21 tahun lalu merupakan pembalap kebanggaan Malaysia untuk kelas moto3. Melakukan debutnya pada tahun 2009 dikelas 125 cc dengan mengendarai motor Yamaha. Sayang, pada debutnya tersebut, ia tidak memperoleh satu poin karena hanya satu kali mengikuti race pada GP Malaysia.

Ditahun 2010, Khairuddin bergabung dengan Aprilia dan mengikuti 16 kali race dengan klasemen akhir menduduki posisi ke-24 dari 4 poin yang dikumpulkan🙂 Tapi skillnya kian hari kian terasah. Dimusim ketiganya tahun 2011, ia bergabung dengan Derbi, dan diakhir musim mengumpulkan 30 poin dan berhak berada pada posisi ke-18 diklasemen akhir. Tahun 2012 ini adalah tahun ke-4 ia mencicipi ajang balap motor moto3 untuk kelas 125 cc. Saat ini ia berada pada posisi ke-7 dengan poin yang terkumpul sebanyak 112

Khairuddin mencetak sejarah bagi dunia balap motor Malaysia. Pasalnya pada GP Malaysia minggu lalu, ia berhasil mencetak pole position untuk kelas moto3 dan meraih podium ke-2 setelah bersaing ketat dengan rekan satu team, Sandro Cortesse, yang merupakan kandidat juara moto3 musim 2012. Sebenarnya Khairuddin mampu menempati puncak podium bila ia tidak membuat kesalahan dilap-2 akhir. Setelah memimpin dibeberapa lap, ia membuat kesalahan dengan terlalu melebar ditikungan akhir yang akhirnya posisi diambil alih oleh Cortesse. Selisih waktu antara keduanya pun sangat tipis. Tapi biar bagaimanapun, apa yang sudah diraih oleh Khairuddin adalah presetasi yang luar biasa. Tidak pernah ada sebelumnya pembalap berkebangsaan Melayu mampu menempati podium di ajang bergengsi ini baik untuk kelas moto3, moto2, terlebih lagi motoGP.

Indonesia dulu punya pembalap Doni Tata Pradipta, tapi sayangnya ia sepertinya hanya pembalap penggembira saja🙂 Aksi yang kurang menjanjikan membuatnya memutuskan untuk resign dari kelas 250 cc. Akankah pembalap-pembalap motor Indonesia akan kembali berkiprah diajang paling bergengsi ini? Daripada ikutan balapan liar, alangkah lebih baiknya pihak yang berkompeten memberikan pembinaan agar mereka mampu menunjukkan prestasi didunia internasional.

Salam motoGP

Video aksi Khairuddin pada moto3 di sirkuit Sepang, 2012

Categories: Otomotive
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: