Home > Otomotive > Hafiz Syahrin, Malaysian rising rider

Hafiz Syahrin, Malaysian rising rider

Para penggemar balap motor baru saja menyaksikan race seri Sepang beberapa hari yang lalu. Ada 2 pembalap berkebangsaan Malaysia dan berwajah Melayu yang turut berpartisipasi pada ajang balap motor paling bergengsi ini yakni Zulfahmi Khairuddin dan Hafiz Syahrin. Ulasan singkat tentang Khairuddin yang telah menjalani musim ke-4 nya dikelas 250 cc (moto3) telah saya tulis sebelumnya disini. Kali ini saya akan mengupas singkat perjalanan karir Syahrin yang minggu lalu terjun pada kelas 600 cc (moto2).

Laki-laki kelahiran Selangor, 18 tahun yang lalu ini mulai mengenal motor mini (pocket bike) dan mengendarainya pada umur 9 tahun oleh ayahnya. Bakatnya terlihat disebuah kesempatan oleh Barry Leong. Dan pada tahun 2007 ia mengikuti kejuaraan cub prix (GP untuk kelas pemula) dengan mengendarai motor Yamaha 135 cc. Dan secara keseluruhan berada pada posisi ke-2 dengan merasakan podium puncak sebanyak 3 kali. Dengan pabrikan yang sama, ditahun berikutnya Syahrin berada pada posisi ke-3 secara keseluruhan dengan memenangi lomba sebanyak 2 kali. Gaya membalapnya kian terasah dengan mengikuti berbagai kejuaraan balap motor dan lebih banyak naik podium terutama ditahun 2009-2011. Dan ditahun 2012 ini, Syahrin mendapatkan kesempatan (wild card) untuk mencicipi aroma persaingan di kelas 600 cc motoGP pada seri Sepang, Malaysia beberapa hari yang lalu.

Pada sesi kualifikasi, hasil yang diperoleh laki-laki kelahiran Selangor ini tidak cukup menjanjikan. Ia start dari posisi 27 atau berada pada grid ke-9. Tapi pertarungan yang menarik justru ia suguhkan ketika race berlangsung hari minggu lalu. Perlahan tapi pasti ia mulai merangsek ke barisan depan. Aksi overtakingnya yang luar biasa dibarengi dengan mental balapnya yang kuat mampu menyalip satu persatu pembalap yang berada didepannya yang terbilang lebih senior dan punya pengalaman lebih. Syahrin sempat memimpin lomba hingga beberapa lap sebelum akhirnya diambil alih pembalap lain.

Kalau pembaca menyaksikan melalui stasiun televisi minggu lalu tentu akan setuju dengan saya bahwa Syahrin merupakan pembalap potensial yang memiliki semangat bertanding dan nyali yang luar biasa. Aksi overtakingnya di track basah terhadap pembalap-pembalap didepannya bukan tidak punya resiko. Salah sedikit saja akan menyebabkan motornya terjungkil karena kondisi track yang licin. Umur yang masih terbilang muda ditambah bakat membalap yang luar biasa bukan tidak mungkin kalau Syahrin akan jadi pembalap yang akan diperhitungkan dimasa-masa yang akan datang. Saya berharap ia akan mampu naik ke kelas premier motoGP ditahun-tahun mendatang.

Congrats Syahrin and keep it up…!!!

Silakan lihat aksi Syahrin di moto2 Sepang Malaysia pada video berikut

Categories: Otomotive
  1. aann
    October 24, 2012 at 7:26 pm

    koreksi dikit boz….moto3=250cc n moto2=600cc.

    ===
    Thanks, sudah terkoreksi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: